Pengertian Definisi Pasar
Pasar
atau market adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan
transaksi ekonomi yaitu membeli atau menjual barang dan jasa atau sumber daya
ekonomi atau faktor-faktor produksi lainnya. Pada dasarnya pasar tidak menunjuk
pada suatu lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak mempunyai batas-batas
geografis. Sistem jaringan komunikasi modern telah mampu meniadakan hambatan
atau batasan goegrafis, sehingga memungkinkan pembeli dan penjual dapat
bertemu/bertransaksi tanpa harus saling melihat wajah masing-masing.
Pengertian
Pasar di sini lebih menitik beratkan pada arti kegiatan ekonomi yaitu transaksi
jual dan beli. Dalam ilmu ekonnomi pasar didefinisikan sebagai besarnya
permintaan dan penawaran pada suatu jenis barang atau jasa tertentu. Jadi pasar
merupakan permintaan dan penawaran secara keseluruhan untuk barang dan
jasa tertentu. Di sini pasar merujuk pada semua kegiatan penawaran dan
permintaan termasuk untuk tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang.
Pada
prinsipnya, kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan pada
kebebasan bersaing, baik bagi penjual maupun bagi pembeli. Penjual atau
produsen memiliki kebebasan dalam memutuskan barang atau jasa apa yang harus
diproduksi dan yang akan didistribusikannya. Sedangkan pembeli atau konsumen
memiliki kebebasan dalam memilih dan membeli barang atau jasa sesuai dengan
tingkat daya belinya.
Fungsi-Peran Pasar
1. Menetapkan Nilai.
Pasar
akan menetapkan harga suatu barang atau jasa tertentu sesuai dengan permintaan
dan penawaran yang terjadi dipasar. Harga ini merupakan kesepakatan antara
pihak pembeli dan penjual.
2. Mengorganisasi Produksi
Pasar
akan berperan sebagai organisator untuk mendapatkan metoda produksi yang paling
efesien. Pelaku pasar yaitu pengusaha akan mencari metoda yang dapat
memaksimalkan rasio antara output produk dengan input sumber daya. Keberhasilan
dari efisiensi produksi pada akhir akan dinilai dengan uang, atau harga
produk.
3. Mendistribusikan Produksi
Pasar
dapat berperan sebagai distributor produksi kepada seluruh sumber daya. Pasar
akan mendistribusikan pembayaran kepada pelaku pasar, dalam hal ini sumberdaya
atau tenaga kerja sesuai dengan produktifitasnya. Tenaga kerja atau sumber daya
yang paling produktif akan menerima pembayaran yang paling banyak.
4. Menyelenggarakan Penjatahan
Penjatahan
yang dilakukan oleh pasar akan membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia.
Setiap pembeli yang ada di pasar akan mendapat jatah sesuai dengan daya
belinya. Pembeli yang daya belinya kuat atau pendapatan tinggi akan menerima
jatah barang lebih banyak daripada pembeli dengan pendapatan rendah.
5. Menyediakan Barang dan Jasa Untuk Masa Mendatang
Pasar
berperan sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan atau saving dan
investasi. Investasi berguna untuk menyediakan barang dan jasa di masa
mendatang. Investasi dan tabungan akan berinteraksi di pasar. Pasar yang
memfasilitasi tabungan dan investasi adalah pasar modal. Investor akan
mencari pihak yang memiliki tabungan untuk keperluan investasinya, dan penabung
akan mencari pihak yang memerlukan modal. Kedua belah pihak ini dapat bertemu
di pasar modal.
Jenis Jenis Pasar
Berdasarkan wujudnya, Pasar dapat dibedakan atas pasar konkret dan pasar abstrak.
Pasar
konkret adalah pasar yang memiliki tempat untuk bertemunya para pembeli dan
penjual sehingga dapat menyelenggarakan transaksi jual beli. Di pasar ini
pembeli dan penjual bertemu di suatu tempat/pasar secara langsung, barang yang
ditransaksikan tersedia atau secara fisik dapat dilihat di pasar tersebut.
Pasar
abstrak adalah pasar yang memiliki tempat untuk bertemunya para pembeli dan
penjual yang menyelenggarakan kegiatan transaksi jual beli barang-barang, namun
barang-barang yang ditransaksikan tidak berada pada tempat tersebut. Contoh
pasar ini adalah pasar uang, pasar modal, dan pasar tenaga kerja.
Pasar
ini juga mencakup pasar yang tidak mempertemukan secara langsung antara Pembeli
dan penjualnya atau pasar yang tidak memperlihatkan secara fisik barang-barang
yang ditransaksikannya. Barang secara fisik tidak dapat dilihat, kecuali
spesifikasi atau gambar atau harga. Aktivitas Pasar ini umumnya ini
dilakukan dengan menggunakan fasilitas komunikasi seperti komputer atau
handphone atau televisi melalui sistem jaringan komunikasi atau internet.
Berdasarkan strukturnya pasar dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
1. Pasar persaingan sempurna.
Pasar
persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki mobilitas sempurna dari sumber
daya dan didukung dengan pengetahuan yang sempurna, baik pembeli maupun
penjual, sehingga kekuatan permintaan dan penawaran dapat bergerak secara
bebas.
2. Pasar persaingan tidak sempurna:
Pasar
persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisasi secara
sempurna, atau bentuk pasar dengan salah satu ciri dari pasar persaingan
sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari:
-
Pasar Monopoli
-
Pasar oligopoli
-
Pasar monopsoni
-
Pasar oligopsoni
-
Pasar monopolistik
0 komentar:
Posting Komentar