rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 09 Maret 2015

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN BUAH PEPAYA

Khasiat Manfaat Buah Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Seperti juga buah-buahan yang lainnya, buah pepaya mengandung sejumlah zat, vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Untuk kaum wanita, buah pepaya dapat digunakan sebagai peluruh haid dan menambah atau melancarkan ASI. Namun demikian pepaya merupakan buah yang menjadi terlarang bagi kaum ibu yang sedang hamil. Untuk itu, sebelum mengkonsumsi buah pepaya harus mengetahui secara pasti bahwa kaum ibu tidak dalam keadaan hamil.

Zat Yang Terkandung Dalam Buah Pepaya

Salah satu Zat yang terkandung dalam buah pepaya adalah enzim proteolitik atau papain dan chymopapain yang menyerupai enzim pepsin. Pepaya juga mengandung sejumlah senyawa seperti beta-cryptoxanthin, beta-karoten, pektin, d-galaktosa, l-arabinosa, papayotimin papain, fitokinase, folicacid. Vitamin yang terkandung dalam buah pepaya adalah vitamin A, C dan vitamin E. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah pepaya adalah kalium, magnesium, fosfor, kalsium. Pepaya juga mengandung sejumlah serat.
Zat papain terdapat pada getah pepaya dan berbentuk seperti susu dan keluar dari sayatan buah yang belum masak.
Selain buahnya,  daun pepaya juga mengandung sejumlah zat yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Zat yang terkadung dalam daun pepaya adalah enzim papain, alkaloid carpaine, pseudo-carpaine, glikosid, karposid, saponin, sakarosa, dekstrosa, dan levulosa.
Setiap seperempat bagian buah pepaya ukuran medium atau setara dengan 79 gram berat mengadung 30 kalori, mengandung 89 persen air, 0,5 gram protein, 8 gram karbohidrat, 2 gram serat, 196 miligram kalium, 18 miligram kalsium, 8 miligram magnesium, 4 miligram fosfor, 22 IU vitamin A, 47 miligram vitamin C, satu miligram vitamin E, satu miligram niasin dan 29 mikrogram folat.

Khasiat, Manfaat Buah Pepaya

Dengan berbagai zat atau senyawa yang dikandungnya, buah pepaya dapat digunakan sebagai sumber makanan yang memliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberpa khasiat dari senyawa yang terdapat dalam buah pepaya adalah:  pemacu enzim pencernaan, antiscorbut, penguat lambung, peluruh empedu, dan pencahar ringan.
Pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi sariawan, diare kronik, keseleo, memar, suliit buang air kecil, dan keracungan singkong.
Buah pepaya masak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan atau dispepsia, sakit maag, kurang nafsu makan, sariawan, dan sembelit.
Zat papain yang terkandung dalam buah Pepaya mengkal dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit, diare kronik, keseleo, memar akibat terbentur, sukar buang kencing, air urine terlalu sedikit, pembersih hati, dan limpa
Buah pepeya dapat juga digunakan untuk membatu menambah atau melancarkan ASI ibu yang sedang menyusui, membantu kaum wanita yang tidak datang haid, dan mengurangi gangguan pencernaan.
Daun pepeya dapat digunakan untuk menambah nafsu makan, berperan sebagai analgesik untuk mengurangi rasa nyeri dan dapat digunakan sebagai peluruh haid.

Yang Terlarang Dari Buah Pepaya

Untuk Kaum ibu yang sedang hamil dilarang untuk mengkonsumsi daun, biji, dan jus pepaya mengkal karena sifatnya yang abortivum. Buah, biji dan daun pepaya ini dapat meluruhkan kandungan.
Anak-anak tidak boleh mengkonsumsi daun pepeya. Daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpaine yang bekerja seperti digitalis sebagai obat penguat jantung untuk penderita gagal jantung.

0 komentar:

Posting Komentar