rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 16 Februari 2015

PENYEBAB KULIT HITAM




Faktor yang menyebabkan Perubahan Warna Kulit. Kulit mempunyai zat warna atau pigmen yang disebut Melanin. Melanin adalah sejenis zat warna pada kulit yang dihasilkan oleh sel yang disebut melanosit yang fungsinya adalah untuk menyerap sinar UV dari matahari dan mencegah kerusakan kulit. Melanin lah yang memberikan zat warna pada kulit sehingga seseorang bisa memiliki kulit hitam, sawo matang, bule ataupun Albino. Semua tergantung pada pigmen melanin yang di hasilkan kulit. Pigmentasi akan terjadi jika asam amino tirosin dalam kulit karena pengaruh radikal bebas, akan mengalami reaksi oksidasi.
Melanin pada lapisan kulit diproduksi sebagai hasil dari reaksi kulit terhadap rangsangan dari dalam maupun dari luar. Jika metabolisme tubuh tidak sempurna, akan menyebabkan produksi melanin menjadi berlebihan sehingga akan terjadi penumpukan melanin dalam lapisan kulit. Produksi melanin yang tinggi pada lapisan kulit inilah yang akan menyebabkan kulit berwarna gelap.
Produksi melanin oleh lapisan kulit di picu oleh beberapa faktor. Faktor yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi gelap di kelompokan kedalam 2 kategori, yaitu penyebab dari dalam tubuh dan penyebab dari luar tubuh. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
Faktor penyebab perubahan warna kulit menjadi gelap
1. Penyebab dari dalam tubuh
Tekanan Mental / depresi
Lelah, letih, lesu
Gangguan fungsi kelenjar endokrin
Keturunan
Pangaruh konsumsi obat-obatan
Penyakit kulit
Proses Penuaan
Kurang tidur malam
2. Penyebab dari luar tubuh
Penggunan kosmetik dan parfum berkualitas rendah
Sinar UV matahari
Perawatan kulit yang salah
Elektrostatik
Radikal bebas
Debu dan polusi udara
Jarang mandi

0 komentar:

Posting Komentar