rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Kamis, 27 November 2014

BAHAYA POLUSI UDARA UNTUK KESEHATAN



Bahaya asap kendaraan bermotor bagi lingkungan dan kesehatan tubuh



Asap kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan juga lingkungan di sekitar. Indahnya Bumi yang hijau semakin tidak dapat kita rasakan seperti pada beberapa dekade yang dulu. Badan Kesehatan Dunia (WHO)menempatkan kota Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi yang tertinggi ketiga di dunia, yakni setelah kota yang berada di Negara Meksiko dan Thailand. Seperti disinggung secara singkat sebelumnya, bahwa bahaya asap kendaraan bermotor berupa munculnya zat-zat berbahaya untuk kesehatan tubuh, berikut pemaparannya dan penjelasannya di bawah ini.

Karbondioksida, gas ini tergolong pada gas rumah kaca, yang mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi.
  • Karbon monoksida (CO) bersifat racun yang dapat mengakibatkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan, bahkan juga sakit pada paru-paru. Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida akan bereaksi dengan hemoglobin dalam darah membentuk karboksihemoglobin (COHb). Hal yang sangat buruk dari CO ini adalah dapat menyebabkan kematian.
  • Oksida belerang apabila terhisap oleh pernapasan, maka akan bereaksi dengan air di dalam saluran pernapasan, sehingga membentuk asam sulfat yang merusak jaringan dan juga  menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Oksidasi belerang ini juga larut dalam air hujan, sehingga menyebabkan hujan asam.
  • Oksida nitrogen (NOx) dapat bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lainnya juga, sehingga dapat menimbulkan asap-kabut atau smog, sehingga berakibat pada berkurangnya daya pandang. Dan akibat pada tubuh yaitu terjadi iritasi pada mata dan juga saluran pernapasan. Adapun akibat pada lingkungan adalah membuat tanaman layu, dan hal buruk lainnya.

Adapun penyakit yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor yaitu bronchitis, penyakit jantung, kanker paru, kanker lambung, stroke (secara tidak langsung) dan beberapa penyakit lainnya yang sungguh sangat mengerikan, dan parahnya sulit bagi kita untuk terhindari dari asap kendaraan bermotor yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Selain itu seperti dijelaskan dari studi yang dilakukan Gregory Wellenius (dari Centre for Environmental Health and Technology) bahwa polusi dari asap kendaraan juga dapat memicu penyakit mental (kejiwaan), seperti sifat agresif, mudah marah dan rasa gelisah.

Untuk itu hendaknya kita bergotong-royong untuk menggalakan aktifitas menanam tanaman untuk jenjang sekolah dasar hingga orang dewasa, dan utamanya tugas seperti ini diemban oleh pihak pemerintah. Dan seringkali kita melihat diantrian POM Bensin yang cukup panjang, akan tetapi sangat sedikit yang mematikan sepeda motornya saat menunggu antrian yang kira-kira bisa 10 menit bahkan lebih. Alasannya tidak dapat diterima, yaitu malas untuk menuntun sepeda motor ketika menunggu di POM bensin.

Dan Negara yang kita cintai ini, lebih suka untuk terlalu memanjakan diri dimana sekarang ini kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda, sangat jarang digunakan sebagai alat transportasi jarak dekat, padahal Negara-negara tetangga yang telah maju justru masih sangat banyak yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar