rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Kamis, 27 November 2014

KHASIAT MADU, PROPOLIS DAN ROYAL JELLY


Khasiat-Manfaat Madu, Propolis Dan Royal Jelly


Senyawa Yang Terkadung Dalam Madu

Madu merupakan campuran antara gula dengan sejumlah senyawa lainnya. Kandungan terbanyak pada madu adalah karbohidrat. Sekitar 82,4 persen dari berat madu adalah karbohodrat. Madu juga mengandung sejumlah zat yaitu serat sekitar 0,2 gram, protein sekitar 0,3 gram, air sekitar 17 persen.
Sejumlah vitamin yang terkandung dalam madu adalah riboflavin sekitar 0,038 mg, niacin sekitar 0,12 mg, vitamin B6 sekitar 0,024 mg, dan vitamin C sekitar 0,5 mg. Selain itu madu mengandung sejumlah mineral yaitu kalsium sekitar 6 mg, besi sekitar 0,42 mg, magnesium sekitar 2 mg, folat sekitar 2 mikrogram, dan asam pantothenat sekitar 0,068 mg.
Senyawa gula yang terkandung dalam madu adalah Fruktosa sekitar 38,2 persen, Glukosa sekitar 31,3 persen, Maltosa sekitar 7,1 persen, Sukrosa sekitar 1,3 persen, dan Air sekitar 17,2 persen,

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Berdasarkan kandungan karbohdratnya, maka madu merupakan salah satu sumber energi dapat digunakan oleh tubuh. Namun demikian, sejumlah zat atau senyawa yang terkadungnya dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh manusia.
Seperti juga bahan dari tumbuhan, madu sejak lama digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam pengobatan maupun pencegahan terhadap berbagai penyakit. Sejumlah penyakit dapat dicegah dan disembuhkan dengan madu.
Madu diyakini memiliki sejumlah khasiat dan dapat memberikan kestabilan kesehatan tubuh manusia. Madu dapat digunakan untuk penyembuh luka, dapat digunakan sebagai antibiotik, digunakan untuk membunuh kuman, dapat digunakan untuk mengobati borok, biasa digunakan sebagai antioksidan, dan mampu memberikan pengaruh selalu awet muda.

1 komentar:

Elok Sri Wahyuni mengatakan...

madu juga bagus sebagai vitamin untuk ibu hamil

Posting Komentar