rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 23 Maret 2015

DAMPAK MINUMAN BERSODA BAGI KESEHATAN

Dampak Minuman Bersoda Bagi Kesehatan – Minuman bersoda adalah minuman yang banyak digemari untuk menghilangkan dahaga dan untuk mengembalikan kesegaran tubuh yang lelah beraktifitas seharian. Minuman bersoda kian marak beredar di pasaran dengan berbagau jenis merk dan cita rasa yang ditawarkan sehingga kita tergoda untuk mencobanya.
Minuman bersoda tidak mengenal batasan umur baik orang dewasa maupun anak-anak sangat gemar dengan minumanan ini. Bahkan sebahagian orang lebih memilih minuman minuman bersoda ini ketimbang minuman teh atau susu yang mana sangat bermanfaat bagi tubuh.
Meskipun minuman yang bersoda ini bisa menghilangkan dahaga dan mengembalikan kesegaran tubuh yang lelah beraktifitas seharian, namun dibalik kesegarannya minuman ini memiliki efek negatif bagi tubuh.
Mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari dapat berdampak bagi kesehatan tubuh tidak hanya dapat merusak gigi dan tulang, namun minuman ini juga bisa mempengaruhi perkembangan otak dan organ tubuh lainnya.
Dampak Minuman Bersoda Bagi Kesehatan
1. Bahaya Soda pada Ginjal
Mengkonsumsi minuman bersoda secara sering dapat mengakibatkan fungsi ginjal yang sebagai penyaring darah kotor menjadi  rusak permanen. Hal ini disebabkan karena di dalam minuman bersoda mengandung bahan pemanis buatan, asam fosfat maupun kafein, bahkan tak jarang mengandung alkohol.
2. Bahaya soda pada jantung
Dalam salah satu hasil riset yang paling mengejutkan tentang minuman bersoda ini yaitu ternyata minuman ini dapat merusak pembuluh darah yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja organ jantung kita. Dengan mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari bisa menyebabkan resiko terkana penyakit serangan jantung dan stroke.
3. Meningkatkan Resiko Diabetes
Bahaya lain yang dapat ditimbulkan karena sering meminum minuman bersoda yakni  juga dapat memicu hadirnya penyakit diabetes mellitus karena zat pemanis buatan yang terdapat pada soda tidak mampu dimetabolisme oleh insulin menjadi glikogen sehingga bisa mamacu peningkatan gula darah dalam tubuh kita.
4. Meningkatkan Resiko Obesitas
Dengan sering mengkonsumsi minuman bersoda selain dapat meningkatkan gula darah  juga dapat meningkatkan berat badan dan pada anak-anak bisa menyebabkan obesitas. Hal ini disebabkan karena dalam minuman bersoda mengandung banyak kalori sehingga tubuh bisa kelebihan kalori, terlebih lagi pada anak yang kurang beraktivitas dan berolah raga.
5. Meningkatkan Risiko Osteoporosis
Osteoporosis adalah kerapuhan tulang yang umumnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, namun tulang rapuh atau osteoporosis ini juga dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal umur bagi mereka yang kekurangan kalsium yang disebabkan karena sering mengkonsumsi minuman yang bersoda.
Minuman yang bersoda mengandung asam fosfat yang tinggi dimana asam fosfat ini dapat melarutkan kalsium yang terdapat pada tulang sehingga kepadatan tulang hilang dan menyebabkan resiko tulang rapuh mudah terjadi.
6. Dapat Merusak Gigi
Minuman bersoda dapat merusak gigi yang membuat gigi menjadi keropos karena kandungan gula yang terdapat dalam soda.
Selain beberapa dampak minuman bersoda diatas, sebenarnya masih banyak dampak negatif  lain akibat yang ditimbulkan mengkonsumsi minuman bersoda yang dilakukan secara sering. Salah satunya, minuman bersoda juga dapat menyebabkan resiko terjadinya kelahiran premature.
Jadi alangkah baik jika mulai dari sekarang anda mencoba untuk berhenti mengkonsumsi minuman  bersoda dengan minum minuman yang bermanfaat bagi kesehatan seperti teh dan susu.

0 komentar:

Posting Komentar