rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 23 Maret 2015

TIPS UNTUK MENGONTROL ASAM URAT



Tips Untuk Mengontrol Kadar Asam UratTips Untuk Mengontrol  Asam Urat  – Penyakit asam urat adalah penyakit yang sering tejadi di kalangan orang tua dan orang dewasa. Penyakit ini terjadi karena kadar asam urat dalam tubuh berlebih yang disebabkan ketidak mampuan ginjal untuk menyaring zat purin yang berlebih dalam tubuh.
Meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh membuat persendian tulang terasa nyeri, meradang, dan kemudian bengkak. Untuk mencegah itu kita harus pintar-pintar mengontrol kadar asam urat yang ada dalam tubuh.
Tips Untuk Mengontrol Asam Urat
Untuk mengontrol kadar asam urat yang ada di tubuh sebenarnya tidaklah terlalu sulit, dan dapat dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat. Untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh, berikut ini tips untuk mengontrol asam urat:
1. Mengonsumsi makanan kaya serat
Menurut sejumlah penelitian, makanan yang kaya serat dapat mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh. Makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan.
2. Memasak dengan minyak zaitun
Memasak makanan dengan menggunakan minyak zaitun sangat baik dibanding dengan menggunkan minyak goring, kerena minyak zaitun mengandung asam lemak yang sangat rendah yang membuat kadar asam dalam tubuh tidak meningkat.
3. Hindari makanan manis
Meningkatnya kadar gula dalam tubuh yang diakibatkan mengkonsumsi makanan manis-manis  dapat menjadi faktor terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari atau kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi .
4. Perbanyak minum air mineral
Meningkatkan asupan air mineral minimal 2 liter sehari sangat efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dengan menggeluarkannya melalui urin. Pastikan kebutuhan cairan pada tubuh anda terpenuhi dengan baik. Air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh.
5. Makan buah ceri
Ceri merupakan salah satu jenis buah yang dipercaya baik untuk dimakan saat anda menderita penyakit asam urat. Buah ceri mengandung zat anti-inflamasi atau anti peradangan yang baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.
6. Tingkatkan asupan vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang baik bagi kesehatan utamanya dapat mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh. Mengonsumsi setidaknya 500 miligram vitamin C secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan meminimalkan risiko penyakit asam urat.
Asam urat bisa menimbulkan rasa nyeri yang cukup parah pada bagian tubuh tertentu. Semoga tips sederhana ini dapat membantu anda untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh anda.

0 komentar:

Posting Komentar