rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 23 Maret 2015

6 MANFAAT IKAN SALMON

Ikan salmon merupakan bahan makanan kaya gizi serta terkenal karena rasa dagingnya yang sangat enak. Salmon sendiri merupakan salah satu spesies ikan air asin yang banyak hidup di perairan dingin di Samudera Pasifik dan Atlantik. Meskipun ikan ini banyak menghabiskan waktunya di lautan, ikan salmon biasanya akan bermigrasi ke sungai-sungai berair dingin untuk bertelur.
manfaat ikan salmon
Di negara-negara belahan bumi utara, ikan salmon banyak diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Di Jepang misalnya, salmon biasanya diolah menjadi sashimi dan dimakan dalam keadaan mentah. Meskipun dalam daging salmon terkadang terkandung berbagai macam parasit, sashimi salmon ala Jepang ini aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan daging salmon biasanya dibekukan dahulu sebelum dikonsumsi sehingga parasit yang terkandung di dalam daging salmon dapat dimusnahkan.

Berbagai Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Daging salmon biasanya memiliki warna merah kejinggaan, meskipun ada beberapa yang berwarna putih. Namun, apapun warna dagingnya, ikan salmon merupakan salah satu bahan makanan kaya nutrisi yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan salmon ini dikarenakan dalam daging ikan karnivora ini terkandung protein dan vitamin D dalam jumlah besar.
  1. Makanan Sumber Antioksidan Ikan salmon merupakan makanan sumber mineral antioksdan bernama selenium yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selenium mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi radikal bebas sehingga sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya. Selenium terutama berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit.
  2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Lemak seringkali dikaitkan sebagai salah satu penyebab utama penyakit jantung. Namun faktanya, tidak semua jenis lemak memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jantung. Lemak berjenis asam lemak tak jenuh ganda atau yang biasa disebut dengan omega-3 justru malah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Lemak jenis ini mudah dipecah sehingga tidak akan mengendap di dalam tubuh. Selain itu, omega-3 juga dikatakan dapat mengurangi kadar gula berlebihan di dalam darah.
  3. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum jika ikan salmon merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Kandungan omega-3 dalam ikan ini diketahui mampu membangun jaringan-jaringan saraf pada janin. Omega-3 juga diketahui mampu mencegah bayi lahir prematur atau mengalami kecacatan.
  4. Meningkatkan Kecerdasan Anak Anak-anak sampai usia 10 tahun sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung protein dan omega-3 serta kalori yang rendah. Protein dan omega-3 sendiri merupakan dua asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak. Omega-3 diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi otak sehingga anak menjadi lebih cerdas. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi minimal 100 gram ikan salmon setiap minggu memiliki daya konsentrasi yang lebih baik daripada anak yang jarang mengkonsumsi ikan salmon.
  5. Mencegah Alzheimer Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa ikal salmon sangat baik untuk kesehatan otak karena kandungan asam lemak omega-3 nya. Selain omega-3, ikan salmon juga mengandung asam lemak DHA. DHA sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta otak secara keseluruhan. Kekurangan konsumsi DHA dapat menyebabkan menurunnya kemampuan kognisi (berpikir) otak. Pada lanjut usia, kekurangan DHA merupakan salah satu penyebab penyakit alzheimer. Kandungan DHA yang tinggi dalam ikan salmon membuat ikan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para manula.
  6. Membangun Otot Protein merupakan asupan gizi yang harus selalu dipenuhi jika ingin membangun otot tubuh. Ikan salmon sendiri merupakan salah satu makanan sumber protein yang sangat baik. Di dalam setiap 100 gram daging ikan salmon segar, terkandung 20 gram protein. Selain itu, salmon juga rendah kalori sehingga anda tidak perlu terlalu takut mengalami kegemukan.

0 komentar:

Posting Komentar